Bunga tidur(kah)?

Bangun dari (ke-)tidur(-an) sore ini, anehnya tiba-tiba, saya teringat sama berita yang saya baca di surat kabar beberapa waktu lalu. Lagi-lagi tentang penganiayaan PRT dan lagi-lagi terjadi di ‘tetangga’, Negeri Jiran! Kali ini si Mbak dipaksa menelan air mendidih dan mulutnya dibakar pakai lilin panas. Aihaih, ngebayanginnya aja uda horor…

Beberapa waktu yang lalu, ketika masih di rumah sakit, juga ada berita penganiayaan PRT di televisi. Yang ini kejadian di negeri sendiri. Si Mbak dipukuli sampai tewas malah dan sempat disembunyikan di bagasi mobil selama beberapa hari sebelum si majikan melapor kalau pembantunya meninggal karena jatuh dari tangga.

GOSH! Kok, tega, yah, orang berbuat begitu sama orang lain. Sama-sama manusia, tapi hati mereka ke mana?? Apa yang ada di kepala ketika mereka melakukan tindakan seperti itu?

Sudah berapa banyak PRT jadi korban majikannya? Kenapa melihat fenomena seperti itu pemerintah nggak juga bertindak, melakukan sesuatu buat melindungi mereka. Nggak ada UU tenaga kerja tentang mereka dan perlindungan terhadap mereka apa? Apalagi mereka yang jadi TKI ke luar negeri, seringkali nasibnya malah luntang-lantung atau berakhir di penjara karena jadi imigran gelap.

Mbok, yah, jelas-jelas kita memang kurang mampu menyediakan lapangan kerja, sedangkan di lain pihak negara tetangga banyak yang kurang tenaga kerja muda, kenapa juga peluang ini nggak benar-benar dimanfaatkan dan diberdayakan? Gimana mau dibilang ‘rumah’ jika sebuah negara nggak bisa ngasih perlindungan buat warganya sendiri??

Emang capek kalau ngomentarin tentang negara, hhhhh….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s