Ketika cuaca mendung

Hari ini mendung…

Tadi berangkat pagian ke kantor karena takut keburu hujan, tapi sampai saat ini, masih mendung juga yang menggelayut di langit. Hawa di dalam kantor jadi dingin banget, apalagi anak-anak yang lain banyak juga belum pada datang, pada nyenyak tidur kali, yaaa…

Saya juga maunya, sih, tetap di ranjang, menarik selimut sampai leher dan tidur melingkar, hmmm…

Bicara mendung, jadi teringat beberapa bulan lalu. Cuaca yang mendung selalu mengingatkan saya pada waktu-waktu itu. Membawa kembali kisah sedih yang saya alami karena waktu itu cuaca juga mendung. Berjalan sendiri dan merasa ‘sendiri’ di tengah hawa yang nggak bersahabat dan angin dingin bertiup menusuk tulang. Benar-benar menyakitkan…

Dan, hari ini, dengan mendungnya langit, luka itu kembali terbuka.

Saya pernah berjanji pada diri sendiri untuk tidak membiarkan luka itu muncul kembali. Rasanya terlalu bodoh untuk membiarkan rasa sakit dari kejadian yang sudah berlalu untuk mampir. Saya sendiri sudah meyakinkan diri untuk melangkah maju, menatap ke depan, dan menyerahkan semuanya pada Yang Di Atas. Kan, manusia boleh bekehendak, tetapi tetap Tuhan yang menentukan. Mungkin, jalan itulah yang harus saya tempuh. Belajar merasakan sakit lagi. Tapi siapa juga yang dapat menghalangi rasa jika ia sudah berkehendak.

Ada yang berbeda memang dari rasa sakit itu. Bukan rasa sakit yang membawa pedih atau perih, tapi membawa rindu. Rindu akan kebersamaan, rindu pada kenangan yang terukir pada waktu yang telah berlalu. Ketika saya memutuskan untuk menjauhi sumber luka itu, tak pernah terpikirkan kalau suatu saat saya bisa kembali merindunya… Memang aneh perasaan manusia itu. Hhhhh….

Mungkinkah ini saatnya saya berdamai kembali dengan luka itu, terlepas dari masa lalu dan benar-benar melangkah maju?

Author: putrikatak

Love to write and live by writing. Like frogs, stars, rains, and the color of blue.

Leave a Reply

