Penyebab keanehan belakangan

Setelah mencari tahu lewat Mbah Google apa saja gejala-gejala menopause, akhirnya saya yakin penyebab beberapa ‘keanehan’ yang dialami oleh tubuh saya benar-benar karena suntikan dari dokter itu. Dokter memang sempat bilang saat saya bertanya, apakah ada efek samping dari suntikan yang harus saya terima tiap bulan nanti. Dan, dia menjawab, paling hanya gejala-gejala normal seperti wanita hamil/ menjelang menopause.

Haid adalah peristiwa yang terjadi secara khas pada individu, baik dalam awal pertama kali terjadi, dalam siklus, jumlah darah yang keluar, maupun dalam gejala-gejala yang menyertainya. Demikian pula ketika terjadi menopause akan menimbulkan gejala-gejala yang berbeda pada tiap orang. Meskipun demikian, dapatlah dikatakan bahwa gejala-gejala menopause dapat berupa insomnia, rasa panas (hot flash), banyak berkeringat, depresi, berkurangnya daya ingat, sulit menahan dorongan untuk kencing (inkontinensia), dsb.

Hal pertama yang harus diketahui mengenai hot flash atau rasa panas yang datang secara ialah bahwa hal ini tidaklah berbahaya. Ia akan lekas hilang dan tidak perlu ditakuti. Sesungguhnya, ada beberapa jenis pengalaman dengan rasa panas yang berbeda ukuran, bentuk, maupun intensitasnya. Biasanya, hot flash berlangsung hanya selama 15 detik sampai 1 menit. Rasa panas ini tidak membahayakan dan akan cepat berlalu. Sisi buruknya hanyalah rasa tidak nyaman, tanpa disertai rasa sakit.

Berhentinya produksi estrogen oleh kandung telur akan mempengaruhi keseimbangan metabolisme zat kapur (kalsium) dalam tulang. Setelah menopause, akan makin banyak kalsium yang dibuang daripada yang disimpan. Hal ini secara berangsur akan menyebabkan tulang menjadi semakin keropos. Proses pengeroposan tulang ini disebut osteoporosis. Tulang-tulang menjadi rapuh dan mudah retak.—> That’s why, gue disuruh banyak minum susu dan kalsium!

Rasa mudah pegal yang dialami oleh perempuan yang mengalami masa menopauselebih disebabkan oleh otot-otot yang tidak lentur lagi serta adanya penggantian beberapa jaringan ikat dengan lemak akibat dari proses metabolisme kalsium yang makin tidak seimbang.

Yak, ternyata penyebab saya suka gerah nggak jelas, insomnia, pegal-pegal, itu ternyata beberapa gejala menopause. Hhh, jadi 6 bulan ke depan saya akan mengalami gejala menopause semu ini… Ckckckck…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s