Perubahan

Apakah saya terlalu naif jika tidak menginginkan perubahan?

Ketika saya merasa orang-orang di sekitar saya mulai berubah dan menjadi berbeda, saya bersikeras tidak menginginkan ada yang berubah dari diri saya. Saya kerap meyakinkan diri saya untuk tetap begini adanya saya, tapi apakah itu mungkin?

Seorang teman pernah bilang kalau semua orang pasti berubah, sadar atau tidak disadari olehnya. Setiap hari saja tubuh kita berubah, ada sel yang mati dan ada sel yang menggantikan. Kita sendiri terus bertumbuh dari kecil sampai sekarang. Jadi nggak mungkin kita bisa tetap sama.

Bukannya saya takut akan perubahan. Dulu, saya memang pernah takut akan perubahan yang terjadi di sekeliling saya, tapi itu sudah lama berlalu. Yang mengganggu saya sekarang adalah orang-orang, pribadi-pribadi yang berubah dan membuat saya semakin tidak mengenali, bahkan tidak menyukai mereka lagi. Menyeramkan rasanya!

Perubahan yang terjadi pada mereka membuat saya mengira-ngira penyebabnya. Lingkungan di mana mereka berada sekarang, saya yakin menyumbang peran yang besar terhadap perubahan mereka. Seperti benda cair yang mengikuti wadahnya, ketika seseorang tidak yakin dengan personal style-nya, nggak pede tampil apa adanya, dia akan berubah ‘bentuk’ mengikuti lingkungannya. Makanya, dengan lingkungan yang sekarang sudah berbeda-beda, orang-orang dari masa kecil saya juga berubah menjadi ‘orang lain’ dan saya khawatir akan itu. Jika perubahan yang ada memang positif, mungkin, saya akan baik-baik saja, cenderung tidak sadar, mungkin, tapi ini…

Oleh karena itu, saya merasa takut jika itu terjadi kepada diri saya sendiri, tanpa saya sadari. Ketika orang dari masa lalu melihat saya yang berbeda dan merasakan kekecewaan yang saya rasakan sekarang, membuat saya khawatir. Saya tidak ingin itu terjadi, makanya apakah mungkin, menginginkan semua tetap sama? Tidak menginginkan perbedaan?

Leave a Reply

