Cerita yang terlupa

Satu hari di libur lebaran kemarin, saya main ke rumah saudara di Kelapa Gading. Di sana, tante saya sedang menonton televisi. Tadinya, sih, saya diam di kamar sepupu saya, sekalian ngadem, karena hari itu cuaca panas sekali.

Ketika berjalan ke kamar mandi, sempat ngelirik tayangan di tv. Setelahnya, saya malah ikutan nongkrong di depan tv. Saat itu, saya lupa apa nama acaranya, pokoknya di salah satu stasiun tv ditayangkan berita mengenai penyiksaan PRT di daerah Tangerang.

Ya ampun, saya melihatnya dengan perasaan campur aduk antara takut, ngeri, merinding, dan marah.

Pembantu yang bari 16 tahun itu disiksa sama majikannya sampai penuh luka di seluruh tubuhnya. Belum lagi karena jarang dikasih makan, dia juga menderita gizi buruk. Badannya kuruss sekali. Yang paling membuat saya merinding adalah ketika luka di kepalanya (yg sekarang terbayang kembali) akibat pukulan benda tajam… Ya ampuunn, tu kepala uda kayak buah semangka somplak (DAN itu KEPALA beneran!!). Pembantu itu selamat, setelah manjat ke rumah tetangganya. Dan, terkuaklah kejahatan si majikan gilanya itu.

Dulu, saya kesal dan masih marah-marah tiap ngeliat berita penganiayaan TKI di negara-negara tetangga. Berharap pemerintah nggak cuma diam melihat nasib pekerja-pekerja negeri sendiri diperlakukan seperti itu. Berharap agar mereka mewujudkan sebuah UU yang menjaga dan melindungi mereka yang jauh dari negerinya, mencari nafkah di negara orang. Eh, sekarang, kejadian seperti itu rupanya juga ada di sini, di negara sendiri, ibaratnya di depan mata sendiri… Hhhh…

Saya nggak habis pikir sampai sekarang, kenapa ada orang yang segitu teganya sama orang lain.
Saya saja yang melihat benar-benar syok karena nggak percaya manusia bisa begitu nggak berperasaannya. Apa yang ada di benak si majikan saat melakukan penganiayaan serupa itu. Ke mana hati nuraninya??

Karena nggak tahan, saya beranjak kembali ke kamar sepupu saya. Entah bagaimana akhirnya, saya harap majikannya menerima hukuman yang setimpal…

Leave a Reply

