Gara-gara Rio

Emang bener… Gara-gara Rio yang suka ‘menggelitik’ dengan tulisan-tulisannya di notes FB, saya jadi teringat akan beberapa hal yang sudah beberapa lama saya tinggalkan.

Tulisan-tulisannya yang kerap bikin mikir dan memicu diskusi, membuat saya merindukan masa-masa kul dulu. Perdebatan dan diskusi tak berujung dengan teman-teman di kansas, masalah-masalah yang kerap mengasah otak untuk terus berpikir. Ibaratnya besi, otak saya sudah menunjukkan tanda-tanda karatan sepertinya. Nggak pernah lagi dipakai untuk berpikir kritis. Terlebih lagi, setelah laptop saya menjadi almarhum, saya kehilangan ‘teman’ curhat dan tidak terbiasa menulis lagi. (Yah, kalau menulis untuk pekerjaan nggak masuk hitungan, sih).

Masalah feminisme yang selalu menarik perhatian saya, belakangan inisedikit terabaikan. Padahal dulu, saya semangat banget dan ingin terus membaca, membaca, diskusi, dan menggali terus mengenainya. Saking tertariknya, sejak semester 5, saya sudah mantab memilih masalah Feminis dan Gender sebagai payung untuk tugas akhir (skripsi) saya nantinya. Dan, memang jalan saya menuju sidang amat mulus, nyaris tak ada sandungan, dengan nilai sempurna pula. Itu karena saya mengerjakannya dengan penuh minat dan sepenuh hati.

Belum lagi, dia juga membicarakan mengenai eksistensi. Itu juga menjadi topik tulisan saya untuk mata kul Filsafat dulu. Yah, siapa juga yang nggak ingin keberadaannya diakui? Saya rasa hampir setiap orang juga pernah merasakan atau bertanya mengenai apa arti keberadaannya untuk orang di sekelilingnya, untuk dunia… Pertanyaan-pertanyaan itu mengganggu saya juga di masa kul dulu. Oleh karena itu, saya berusaha mencari jawabannya. Dan, kesempatan itu ada ketika saya membaca bahan-bahan untuk tugas mata kul tersebut.

Ah, Rio, Rio… Apa lagi yang akan dilontarkan dari benakmu?

Gara-gara Rio, saya jadi tersadar kalau saya sudah lama tidak ‘membaca’, sudah lama tidak ‘belajar’. Dan, tampaknya saya harus kembali memulai pelajaran-pelajaran itu…

Leave a Reply

