Bicara perempuan, dongeng, dan cinta

Do you believe in fairy tales?

Mungkin, buat kita yang (sudah) dewasa sudah nggak zamannya lagi percaya dengan dongeng, cerita peri, mitos, legenda, atau apapun itu. Akan tetapi, sadar atau tidak, kita terlanjur dibesarkan oleh cerita-cerita itu. Dan, mendarah daging sampai sekarang, sekali lagi, sadar atau tidak kita sadari.

Sejak dulu, bahkan walau cuma dalam cerita, perempuan selalu dihadapkan pada pencarian pasangan hidup, pangeran impiannya, lelaki yang sempurna. Seolah-olah akhir dari perjalanan seorang perempuan itu hanyalah ketika ia sudah menemukan pasangannya.

Terbayang, kan, ada bearapa banyak perempuan yang terdoktrin dengan cerita-cerita itu. Mencari sosok sempurna untuk menjadi pendampingnya. Film-film zaman sekarang pun masih terpengaruh hal ini, terus membuat cerita mengenai pencarian prince of her life yang sempurna. Padahal, mana ada yang sempurna di dunia ini?

Kalau cerita itu berakhir pada pernikahan, llalu selesai. Sedangkan hidup tak lantas selesai, kan, dengan menikah? Pada kenyataannya, justru sebuah hidup yang baru akan dimulai setelah pernikahan. Makanya ada ucapan “Selamat menempuh hidup baru” pada pasangan yang baru saja menikah.

Cerita itu tak pernah memberitahu bagaimana perjalanan hidup sesungguhnya yang baru dimulai setelah pernikahan. Ada saja yang tidak menemukan kebahagiaan setelah pernikahan, walaupun a happy ending sebuah cerita diidentikan dengan pernikahan.

Mungkin, orang sudah terlalu jenuh dengan kenyataan pernikahan tidak menjamin kebahagiaan. Kenyataan tak seindah cerita dalam dongeng atau film membuat kita membutuhkan pembenaran, harapan, semangat kalau akan ada sebuah akhir yang bahagia dalam hidup…

Bisa saja, itulah fungsi cerita-cerita tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s