Jelang akhir tahun

Nggak terasa tanggal sudah menginjak pertengahan bulan Desember. Akhir tahun sudah di depan mata. Yap, satu tahun sudah akan berlalu lagi. Nggak kerasa, yah, padahal baru kemarin rasanya saya memasuki tahun 2008. Sekarang sudah mau berakhir lagi.

Walaupun saya bukan orang yang suka membuat resolusi setiap tahun baru, tetapi saya selalu punya target pencapaian yang ‘lebih’ dari tahun yang akan berlalu. Taget itulah yang harus saya capai atau jadikan patokan dalam menjalani tahun yang baru. *Itu, sih, namanya resolusi juga, yah? Kekekeee…*

Untungnya atau hebatnya –Kekee, saya hampir selalu berhasil mencapai target yang saya tetapkan.

Dua tahun lalu, saya berhasil lulus dengan predikat yang memuaskan dan berhasil mendapatkan pekerjaan, bahkan dari sebelum saya menyandang gelar sarjana saya, alias belum lulus.

Tahun ini, target-target saya juga terpenuhi satu per satu, dengan mulus. Hanya satu yang akhirnya belum bisa saya wujudkan karena ada satu ‘bencana’ tak terduga di pertengahan tahun, yaitu menabung.

Tabungan yang sudah terkumpul terpaksa harus saya kuras habis, ketika saya harus menjalani operasi untuk kesehatan saya. Ditambah biaya rawat jalannya pasca operasi. Hal itu membuat angka di rekening saya hingga sekarang belumlah spektakuler.

Akan tetapi, di samping itu semua, saya merasa AMAT bersyukur dengan semua yang Tuhan beri di tahun ini. Meskipun saya sempat ‘jatuh’ dalam hal percintaan, but I’m standing still… Saya berhasil melewatinya dan saya masih merasakan kasih Tuhan untuk hal-hal lainnya. Setidaknya di antara rasa kehilangan, saya masih dapat merasakan banyak orang yang peduli dan lebih sayang sama saya, kekee…

Oleh karena itu, saya menetapkan BERHENTI mengeluh, Stop Complaining, sebagai proyek besar tahun ini. Saya ingin belajar menerima apa yang sudah menjadi berkat saya, daripada mengeluhkan apa yang tidak ada pada saya. Intinya, menjalani hidup yang sudah diberikan… –Tapi bukan berarti pasrah dan nggak usaha, yah!

Selain itu, saya ingin melanjutkan target yang belum tercapai tahun ini, yaitu MENABUNG. Untuk itu, saya harus mengerem nafsu belanja yang suka tiba-tiba liar! (Upss!) Belajar lagi untuk memilah mana kebutuhan dan mana keinginan.

Sebenarnya, masih ada satu hal lagi yang ingin saya wujudkan. Belajar Bahasa Itali. Keinginan yang terpendam sejak lama ini masih belum tahu akan dapat saya wujudkan atau tidak. Hal ini berkaitan dengan jam kerja saya yang nggak tetap. Saya harus melihat lagi kondisi dan peluangnya untuk dapat mewujudkan niat itu tahun ini…

Akhirnya, doa yang setiap tahun saya panjatkan: Semoga saya masih diberi kesempatan untuk satu tahun lagi melewati hidup bersama orang-orang yang saya sayangi…

Author: putrikatak

Love to write and live by writing. Like frogs, stars, rains, and the color of blue.

Leave a Reply

