The only constant thing in this world is change

Yiep, I’ve just read a book that mention that quote.

Kalimat itu membawa saya pada perenungan, bahwa di dunia ini memang tidak ada hal yang tetap sama. Satu hal yang selalu pasti adalah perubahan itu sendiri.

Kalimat itu membawa saya pada pelepasan, melepaskan rasa yang beberapa hari ini menumpuk dan menyesakkan hati. Rasa kecewa karena merasa tertipu. Rasa sedih karena tidak mengenali lagi orang terdekat. Rasa amarah karena janji yang teringkari.

Sekarang, saya harus belajar menerima semua itu dengan berbesar hati. Lebih lega karena mengetahuiΒ  semua hal, termasuk individu, pasti akan berubah. Mungkin, tabiatnya yang berbeda, seperti tak saya kenali, karena memang dia berubah. That’s all! Nggak perlu lagi mencari penyangkalan, mencari siapa yang salah, atau menyimpan amarah. Yah, itu memang terjadi, itu sudah terjadi, setidaknya saya tahu dia, bahkan, tidak baik untuk dijadikan sahabat. Mana ada sahabat yang menyakiti sahabatnya sedemikian rupa? Toh, besides, masih ada teman, sahabat lain yang benar-benar tulus menyayangi saya.

Let it be, let it go…

Advertisements

One thought on “The only constant thing in this world is change

  1. i’ve been there before, Ly. dan mungkin semua orang di dunia ini juga akan dan pasti telah merasakan fase ini. kalo gue sih cara ngatasinnya, ya, rela. ngerelain semuanya yang udah ga bisa sama. lo tau gue kan. gue anak yang suka memanjakan kenangan. gue cinta banget sama masa lalu gue. dan, kadang, ini malah ngejerumusin gue ketika gue ga mau lagi beranjak.

    jadi, sebenernya, seharusnya kita rela. dan move on… ^^
    miss Lily!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s