Letter to L

L…
Kamu memang nggak pernah mengira akan berada pada titik ini. Titik di mana kamu begitu kecewa sampai tidak dapat mendefinisikannya dengan kata-kata, apalagi pelakunya adalah orang yang begitu dekat, orang tersayangmu sendiri.

Akan tetapi, beginilah hidup L. Kamu nggak akan pernah tahu ke mana hidup membawamu pergi. Kamu nggak pernah bisa merencanakan siapa saja orang yang akan masuk atau keluar di dalam hidupmu. Kebanyakan orang memang hanya akan berlalu dan tak meninggalkan jejak. Sebagian lagi tinggal untuk sementara, tapi akhirnya pergi juga. Kali ini, mereka meninggalkan jejak untuk dikenang.

Aku tahu, kamu berusaha keras untuk membencinya karena luka yang ia sebabkan. Tapi aku juga tahu kamu tak pernah sanggup untuk benar-benar membencinya. Kebencian hanya akan menambah dalam lukamu karena kamu hanya akan kehilangan lagi satu orang dalam hidupmu–hal yang sangat kamu hindari.

Aku tahu, untuk beberapa saat, kamu akan larut dalam rasamu sendiri. Berputar dalam benakmu, seolah-olah mencari jalan keluar, padahal kamu sudah tahu sendiri jawabannya.

Luka itu memang akan tetap ada, tidak akan bisa hilang selamanya. Luka itu akan meninggalkan sebuah lubang dalam hatimu. Luka itu masih akan terasa perih untuk beberapa saat. Maaf jika aku tahu, tapi aku tak mampu menambalnya.

L…
Biarkan saja luka itu. Biarkan hingga ia mengering, tak perlu lagi kau hiraukan. Jika ia meninggalkan bekas, jadikan itu pelajaran agar kamu nggak mengulanginya kembali. Lepaskan saja rasa yang membelenggu, maafkan dia. Bebaskan dirimu dari rasa benci dan berlalulah. Nanti kau akan menyadari, ini hanya sebagian kecil dari hidupmu.

Selalu ada sayang untukmu, L…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s