Arti belajar…

Lagi pula, apa sebenarnya arti belajar: mengumpulkan pengetahuan atau mengubah kehidupanmu?

(Athena, The Witch of Portobello)

Membaca kalimat tersebut, saya tercenung. Selama ini, saya selalu berkata, berniat, berkeinginan untuk melanjutkan sekolah lagi. Untuk belajar. Ada kerinduan dan kehausan dari dalam diri saya untuk mempelajari sesuatu yang baru. Bukankah semakin banyak belajar, kita akan semakin tidak tahu? Oleh karena itulah kebutuhan untuk belajar tak akan pernah habis.

Lantas, apakah sebenarnya belajar itu?

Seperti pertanyaan Athena, apakah belajar sebatas mengumpulkan pengetahuan saja? Belajar hanya untuk memenuhi rasa ingin tahu kita saja. Umumnya, sih, definisi belajar memang seperti itu. Singkatnya, belajar memang mengumpulkan pengetahuan. Lalu, setelah dikumpulkan untuk apa? Tiap-tiap orang tentu akan memiliki cara masing-masing dalam memanfaatkan kumpulan pengetahuannya. Ada yang membagikannya, mengajarkannya kepada orang lain. Ada yang menerapkannya, menggunakannya sebagai modal mata pencaharian. Ada yang mengendapkannya, menuliskannya menjadi sebuah tanda bukti pengetahuan. Ada yang mengembangkannya, menemukan teori dan pengetahuan baru. Demikian seterusnya…

Nah, jika kita perhatikan, semua itu memang dapat mengubah hidup seseorang. Pengetahuan baru yang didapat orang bisa saja menjadi momentum sebuah perubahan dalam hidupnya. Lihat saja, bagaimana pengetahuan akan bumi yang sekarat bisa mengubah gaya hidup seseorang menjadi lebih peduli dan ramah terhadap lingkungan.

Kalau kita sendiri, sejauh mana pengetahuan dari proses belajar yang kita miliki mengubah kita?

Advertisements

3 thoughts on “Arti belajar…

  1. fuh…
    benar-benar membuat aku berpikir.
    rencana aku untuk melanjutkan sekolah seharusnya sudah aku pikir masak-masak tujuannya dan tidak setengah-setengah.

    dengan membaca tulisan kamu ini, aku menjadi tahu bahwa proses pembelajaran yang akan terjadi perlu bahkan harus ada aktualisasinya dan tidak setengah-setengah.

  2. Kha: Sebenarnya, sih, menurutku dengan kita menjalani hidup kita sehari-haripun kita akan banyak belajar, kok! Seperti yg dimaksud Athena dalam novel yg aku baca itu…

    Den Mas: Silahkan 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s