Maaf…

Berhubung Lebaran baru aja berlalu, saya terpikir menuliskan sesuatu tentang maaf.

Sejujurnya, kata ‘maaf’ meskipun, katanya, sulit untuk diucapkan, masih lebih mudah jika dibandingkan dengan memaafkan. Kita bisa saja berkata sudah memberi maaf kepada seseorang, tetapi kenyataannya memaafkannya butuh waktu yang lebih lama dari sekedar kata-kata.

Seringkali, di waktu-waktu tertentu, kita masih suka mengingat, bahkan mengungkit kesalahan orang kepada kita. Terutama, sih, saat kita merasa kesal atau marah pada orang tersebut. Langsung, deh, hal-hal negatif tentangnya berlarian dalam kepala kita.

Saya pribadi menyebut diri sebagai orang yang enggan marah lama-lama, nggak pendendam, dan malas bermusuhan. Habis, menurut saya, sikap seperti itu membutuhkan energi yang nggak sedikit. Bagi saya, marah dan dendam itu bikin capek!

Percaya atau nggak, rasa sakit atau marah ketika seseorang berbohong atau menyakiti kita, nggak akan pernah hilang selama kita belum berdamai dengan diri sendiri dan memaafkannya. Dendam yang tinggal akibat amarah akan terus mengingatkan kita pada rasa sakitnya. Oleh karena itu, makin cepat kita memaafkan sebenarnya semakin membuat lega diri kita sendiri.

Memang, sih, kenyataan tidak semudah mengatakannya. Saya juga masih suka ‘terpeleset’ oleh kata maaf sendiri. Seyogyanya saya sudah memaafkan seseorang yang berbuat salah pada saya, tapi terkadang masih nggak rela juga kalau dia hidup lebih tenang dan bahagia, meski itu hanya dalam hati saja.

Hanya saja, saya juga percaya what goes around comes around alias karma. Setiap perbuatan, baik dan buruk, ujung-ujungnya akan kembali kepada kita. Makanya, sebisa mungkin, saya berusaha untuk hidup baik, banyak tersenyum, banyak memaafkan, dan menjauhi dendamβ€”meskipun saya juga nggak bisa membahagiakan semua orang sekaligus, setiap saat!

Dan, saya masih terus-menerus belajar memaafkan dari hati…

Leave a Reply

