Sudah (mau) akhir tahun lagi, nih!

Nggak kerasa, kita sudah di penghujung bulan November, nih. Berarti, tahun 2009 sudah tinggal satu bulan saja. Kenyataan ini membawa saya kembali kepada perenungan akhir tahun, seperti biasanya.

Tahun ini nggak bisa dibilang sebagai ‘tahun saya’ sepenuhnya karena resolusi yang saya tetapkan sejak tahun lalu sebagian besar belumlah terlaksana (hiks…).

Berhenti mengeluh. Ini adalah resolusi besar saya tahun ini. Mengingat berkat yang sudah diberikan Tuhan di tahun sebelumnya, saya menjadikan ‘berhenti mengeluh’ sebagai resolusi tahun ini. Namun, pada prakteknya, saya masih suka saja mengeluh—terutama soal kerjaan. Ternyata, memang susah, yah, belajar bersyukur dan menerima berkat yang sudah Dia beri tanpa banyak protes—selalu ada kurangnya, he he he….

Resolusi yang kedua, yaitu menabung, juga belum berhasil dilaksanakan (lagi). Sudah dua tahun berturut-turut, menabung menjadi resolusi saya dan gagal dilakukan, hiks… hiks…. Tahun depan, kayaknya, mesti benar-benar tega memangkas gaji di awal untuk ditabung, deh! Kalau nggak, seperti tahun ini, ada saja pengeluaran-pengeluaran yang akhirnya mengambil jatah untuk ditabung.

Belajar bahasa Italia juga masih terus dipending. Sebabnya, apalagi kalau bukan karena belum ada budget. Prioritasnya masih dialihkan untuk banyak hal lain yang akhirnya malah nggak berbekas. Wah, saya benar-benar harus merevolusi keadaan keuangan saya, nih!

Makanya, untuk tahun depan, saya berharap bisa melaksanakan resolusi yang tertunda melulu itu—menabung dan belajar bahasa Italia.

Tapi tahun ini nggak melulu hanya kegagalan, kok. Di karier, saya mendapat banyak beban dan tanggung jawab baru di tahun kedua saya di ini. Gara-gara kerjaan pula, saya sukses menyambangi beberapa pulau di Nusantara yang belum pernah saya datangi. Selain itu, saya juga berhasil melaksanakan niat liburan, walaupun di tengah hectic-nya kerjaan, and it was amazing holiday!

Tahun depan, mudah-mudahan saya punya kesempatan untuk traveling lagi, yiihaaa!

Author: putrikatak

Love to write and live by writing. Like frogs, stars, rains, and the color of blue.

Leave a Reply

