penghargaan bagi penulis itu…

Apa, sih, penghargaan tertinggi bagi seorang penulis? Meraih penghargaan karya tulis, menang sayembara menulis, atau mendapatkan bayaran yang tinggi untuk hasil tulisannya?

Nggak munafik, sih, ada kegembiraan tersendiri ketika saya menyadari kalau saya bisa menghasilkan ‘sesuatu’ (baca: duit) dari kesukaan saya menulis. Rasanya, ada kebanggaan bisa mengatakan penghasilan saya berasal dari hobi saya.

Yah, walaupun, sejujurnya, penghasilan sebagai penulis di majalah tidak terlalu spektakuler, kok, bila dibandingkan teman-teman lain yang bekerja di bidang ekonomi, seperti perbankan atau akuntan. Tapi terkadang, materi, toh, tidak selamanya mampu membeli kebahagiaan—saya menyadari itu.

Kembali lagi, sebelumnya, saya sedang membicarakan penghargaan. Bagi saya, penghargaan tertinggi datang dari apresiasi pembaca, baik itu kritik maupun pujian. Mungkin, rasanya bisa disamakan seperti mengalami butterfly in my stomach, campuran antara grogi, hepi, dan bikin mules—in a positive way, he he he.

Di dua edisi majalah terakhir, masing-masing, ada satu artikel tulisan saya yang mendapat sanjungan. Wah, rasanya kerja keras dan capek terhimpit deadline waktu mengerjakannya terbayar sudah.

Tulisan pertama, lagi-lagi, rubrik Amor. Sebenarnya, saya selalu mengalami kesulitan yang lebih dibandingkan teman-teman lain ketika mengerjakan artikel Amor karena bisa dikatakan artikel ini hampir sepenuhnya imajinasi dan kreativitas penulis—tak ada ahli atau pakar yang bisa diwawancarai. Pintar-pintarnya penulis mengolah tema agar dapat menginspirasi pembaca tanpa menggurui. Akan tetapi, sudah dua kali tulisan Amor saya mendapatkan pujian dari pembaca 🙂

Tulisan kedua, rubrik Your Story. Rubrik ini adalah rubrik tidak tetap, maksudnya tidak selalu ada di tiap edisi. Isinya tentang pengalaman hidup cewek-cewek yang menginspirasi, seperti survive dari penyakit parah sampai survive ketika ditinggal meninggal calon suami. Intinya, sih, mereka punya cerita hidup yang bikin kita berpikir dua kali sebelum menyerah atau kurang bersyukur pada hidup kita sendiri. Menulis rubrik seperti Your Story ini memang susah-susah gampang. Makanya, nggak semua redaksi pernah dan dipercaya menulis.

Tulisan saya untuk rubrik tersebut bercerita tentang mantan pemadat yang berusaha mengambil kembali hidupnya yang pernah dia sia-siakan. Dan, ternyata—katanya, tulisan saya itu dibilang bagus dan inspiratif banget, teman-teman narasumber saya pun banyak melontarkan pujian melalui dirinya. Bahkan, kemarin, dia mengabarkan mendapatkan tawaran diliput oleh salah satu stasiun TV berkat tulisan saya. Wuuiiih, saya serasa terbang tinggi….

Nggak ada penghargaan yang lebih tinggi—bagi saya, selain hal-hal itu. Tulisan saya mendapatkan apresiasi positif dan menginspirasi orang lain 🙂

Hal ini membuat saya berpikir kembali dan, lagi-lagi, ragu untuk banting stir dari profesi ini. Yah, belakangan, saya memang sedang jenuh bekerja di majalah—ada-lah masa-masanya memang. Saya sudah sempat memikirkan alternatif pekerjaan lain yang bisa saya tekuni sekaligus sukai. Hmm, sementara, saya jadi ingin membuat banyak tulisan yang inspiratif lagi, deh!

Advertisements

Author: putrikatak

Love to write and live by writing. Like frogs, stars, rains, and the color of blue.

5 thoughts on “penghargaan bagi penulis itu…”

  1. menulis itu therapy, penghargaan terbesar bagi penulis itu bukan throphy atau piagam apapun yang nyata, tp ketika tulisanmu membuat pembacamu tersenyum, berpikir, tertawa atau lainnya..little things,the writer may not know, but itulah penghargaan terbesar..:) that’s me..:)

      1. Aku memulai kembali aktivitas ini…nikmati masa menuangkan segala ke dalam tulisan dan membaca2 tulisan orang.hehehe….:)

  2. senang kau bisa menikmati yang kamu lakukan, neL. gimanapun juga–selelah apapun itu–kamu akan bisa merasakan kenikmatan tersendiri dari aktivitas yang kamu sukai.

    seperti biasa, kamu memang pantas mendapatkan yang sudah sepatutnya kamu capai. sukses terus ke depannya! 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s