when i’m sad n uninspired…

Seorang teman mengatakan sedang bermasalah dengan hidupnya yang cenderung datar. Hal itu membawanya kepada rasa pesimis, bahkan cenderung depresi. Sebelumnya, dia berbicara tentang pekerjaan yang tidak dicintainya. Ternyata, kenaikan gaji hanya membawa kegembiraan sementara—di awalnya aja.

Nah, beberapa hari sebelumnya, saya baru selesai membaca buku Your Job Is Not Your Career-nya René Suhardono. Menurutnya, pekerjaan kita itu bukanlah karier kita, pekerjaan itu milik perusahaan tempat kita bekerja. Apa yang disebut karier tidak selalu memiliki penghasilan yang spektakuler atau jabatan yang tinggi. Semua tergantung dari passion kita.

Bung René ini memang berulang kali berbicara soal passion dalam bukunya. Passion adalah sesuatu yang kita sukai, we’re into it. Masalahnya, nggak semua orang bekerja sesuai dengan passionnya. Orang, umumnya, bekerja untuk mendapatkan jabatan tertentu dengan harapan gaji tertentu. Di situlah keberhasilan umumnya dinilai, sedangkan suka atau tidak itu urusan ke sekian.

Beruntungnya, sepertinya, saya mengerjakan apa yang menjadi passion saya selama ini. Makanya, meskipun sering mengeluh karena gaji yang kecil, jam kerja yang nggak terbatas, atau bos yang nggak menyenangkan, semua itu nggak cukup alasan untuk membuat saya meninggalkan pekerjaan ini. Kadang, ketika kita mengerjakan sesuatu yang kita sukai dan dibayar untuk itu, bukankah itu sebuah hal yang menyenangkan?

Memang, sih, sempat terlintas beralih profesi pada minat lain, rasa jenuh juga kadang menghampiri, tetapi begitu saya memikirkan ulang, saya selalu kembali pada pilihan tetap di sini, menulis—sesuatu yang memang selalu saya cintai. Tinggal kreativitas saja mengatasi rasa jenuh yang suka menghampiri.

Beberapa cara yang saya lakukan, diantaranya:

Membaca. Selain menulis, saya juga sangat mencintai membaca. Nggak ada yang lebih menyenangkan selain membaca sesuatu yang menambah ‘sesuatu’ untuk diri saya. Nggak perlu bacaan seberat kamus atau ensiklopedia, tapi setidaknya bacaan yang dengan membacanya membuat saya tahu akan sesuatu. Jalan-jalan ke toko buku, cuma untuk browsing majalah atau melihat-lihat buku, sudah cukup membuat saya senang.

Makan. Yap, belakangan, makan bisa menjadi pembangkit mood saya. Makan makanan enak, terutama, bisa membuat saya merasa bahagia. Sejak dulu, saya memang paling nggak mau perhitungan untuk makanan—ada nggak ada duit, sebaiknya tetap makan enak! He he… Kalau sedang ada duit lebih, mencoba tempat makan baru yang katanya enak menjadi satu hal yang saya sukai 🙂

Blogwalking. Terapi ini baru belakangan saya lakukan sejak saya juga mulai aktif ngeblog. Melihat tulisan atau gambar yang diunggah orang-orang bisa menambang inspirasi dan mengembangkan pemikiran saya. Setiap buntu ide, kegiatan ini biasanya berhasil ‘mencerahkan’ otak saya.

Traveling. Saya memang bukan traveler sejati yang rutin bepergian, tapi jalan-jalan ke tempat baru, yang dekat sekalipun, bisa membuat diri saya semangat lagi. Asal waktu dan budget mencukupi, setiap tahunnya, saya menyempatkan melakukan traveling on budget—direncanakan dan memakan biaya yang lumayan maksudnya. Sepulangnya, saya biasanya jadi semangat lagi, tuh.

Take a day off. Yap, cara paling mudah bagi saya adalah minta izin atau cuti satu hari untuk melakukan kegiatan yang saya sukai, sperti membuat scrapbook, menonton dvd, bahkan menata ulang kamar—atau malah tidak melakukan apapun selain bermalas-malasan. Cara ini terbukti ampuh, saat pikiran sudah penat betul. Memaksakan bekerja dengan pikiran yang penuh, kan, percuma. Lebih baik kita kosongkan sedikit agar bisa diisi lagi.

Plus, don’t forget to smile coz it’s contagious….

One thought on “when i’m sad n uninspired…

Leave a Reply

