The Gift of X’mas

Entah sudah berapa Natal saya lewati, saya terlalu malas untuk berhitung. Yap, saya memang tidak merayakan Natal sejak saya lahir, tapi seingat saya, lebih dari separuh hidup, saya selalu menantikan Natal.

Beberapa tahun belakangan, setiap Natal, saya selalu disibukkan dengan segala persiapannya di masa Advent. Saya memiliki daftar panjang kegiatan menjelang Natal. Mulai dari membuat kukis Natal, berbelanja, menghias pohon Natal, membungkus kado-kado Natal, menyiapkan (membeli) baju untuk malam Natal, dan seterusnya.

Tahun ini, Natal sedikit berbeda untuk saya. Biasanya, setiap tahunΒ  memasuki bulan Desember, saya sudah disibukkan dengan daftar belanja hadiah Natal untuk teman dan keluarga. Tahun ini, yang paling membuat saya sedih adalah kondisi keuangan yang nggak memungkinkan saya untuk berbelanja hadiah Natal untuk mereka.

Saya tahu, hadiah dan materi bukanlah inti dari perayaan Natal. Namun, ada keriaan tersendiri bagi saya dalam memikirkan, memilih, membungkus, dan melihat ekspresi mereka menerima hadiah Natal dari saya. Bukan nilai hadiahnya, tapi sukacita dalam memberi dan berbagi kebahagiaannya yang membuat saya merasa kehilangan. Sampai minggu kemarin, bawah pohon Natal saya masih sepi dari hadiah.

Akan tetapi, di saat sedih memikirkannya, saya justru mendapati kenyataan bahwa berkat Tuhan sungguh sudah melimpah. Adik-adik saya mengerti keadaan saya, bahkan mereka lebih bersemangat memberi meskipun sudah dipastikan hadiah mereka berkurang satu tahun ini. Salah satu adik saya, malah mengambil-alih tugas saya memberikan hadiah bagi para keponakan.

Belum lagi, sahabat saya (yang memang sudah seperti keluarga sendiri) dengan suka rela menggantikan posisi saya sebagai kakak untuk memberi bagi keluarga saya. Dia membelanjakan adik-adik saya hadiah Natal sebagai pengganti saya.

Kenyataannya, tahun ini, bawah pohon Natal saya tetap disesaki dengan banyak hadiah.Β  πŸ™‚

Author: putrikatak

Love to write and live by writing. Like frogs, stars, rains, and the color of blue.

Leave a Reply

