Pengalaman manis hari ini…

Pagi ini, masih mengantuk, saya sudah berada dalam perjalanan menuju Rumah Sakit Kanker Dharmais. Yap, today is Saturday and I’m working. Saya bertugas meliput kegiatan salah satu brand milik perusahaan yang mengadakan kunjungan sosial ke sana. Salah satu komunitas brand, YCPA, menggagas acara kunjungan untuk menghibur anak-anak penderita kanker di sana.

Sepanjang perjalanan, saya sudah tidak tenang. Saya khawatir tak kuasa menahan haru karena saya memang cetek air mata. Fokus menguatkan hati, saya selingi dengan ngobrol dan bercanda dengan rekan kerja seperjalanan dan sebelum jam 9, saya sudah tiba di sana. Ternyata, beberapa orang sudah hadir dan menunggu yang lain. Sekitar jam setengah sepuluh, saya dan teman-teman menuju ke lantai 4, tempat anak-anak itu dirawat.

Kami diarahkan menuju perpustakaan terlebih dahulu untuk menaruh barang bawaan kami yang segambreng. Di lorong ruang perpustakaan, berbagai hasta karya anak-anak ditempel di sana. Air mata mengembang ketika saya membaca beberapa tulisan dan puisi mereka. Seketika mata saya terasa panas dan nafas saya mulai terasa tak teratur. Demi menghindari air mata menetes, saya memalingkan pandangan dan melihat-lihat lukisan di sisi yang lain. Oke, saya benar-benar khawatir sekarang, dapatkah saya melanjutkan meliput dengan baik…?

Tepat pukul 10.15, anak-anak sudah berbaris untuk mengikuti acara. Semangat dan keceriaan mereka rupanya menular. Saya yang tadinya mengharu-biru tertular oleh kegembiraan mereka, lupa untuk merasa sedih. Toh, saya datang juga bukan untuk mengasihani mereka, tapi bersenang-senang bersama mereka.

Hampir seluruh kepala anak-anak itu botak, dan beberapa dari mereka bahkan masih bengkak, akibat kemoterapi.  Apakah mereka mengerti mengenai penyakitnya? Apakah mereka tidak merasakan sakitnya? Saya terus bertanya-tanya dalam hati. Rasa kagum dan bangga membuncah melihat semangat dan tawa mereka.

Dalam waktu terbatas yang diizinkan pihak rumah sakit, 2 jam, kami melakukan beragam aktivitas. Menonton film, menyanyi, menggambar dan menempel, lalu bercerita bersama. Hingga tiba di penghujung, rasanya masih tak rela berpisah dengan mereka, tapi mereka harus beristirahat.

Salut kepada teman-teman dari Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia di RS Kanker Dharmais yang begitu membaktikan diri kepada anak-anak itu. Tanpa rasa kasih yang tulus, mereka tentunya tidak akan sanggup mendampingi anak-anak itu dan keluarganya. YPKAI juga menjadi reminder kepada kita semua, anak-anak sakit bukan berarti kehilangan hak mereka sebagai untuk bermain dan bergembira. Sakit bukan berarti menjaga anak-anak itu hanya terpaku di ranjang saja.

Saya harap, saya akan memiliki kesempatan kembali ke sana.

Oh iya, jika kalian berminat, ada 3C yang dapat kita lakukan untuk anak-anak penderita kanker…

Cash:

Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia

Bank BCA Cabang Wisma Slipi

Norek. 0844287778

Bank Mandiri Cabang RS Kanker Dharmais

Norek. 116.000.516814.2

(untuk bantuan pengobatan)

Bank Mandiri

Norek. 116.000.609941.1

(untuk bantuan pendidikan)

Co-Location:

Hadir dan hibur pasien anak di Ruang Anak lt. 4

RS Kanker Dharmais

By appointment

Communicate:

Sampaikan kepada teman, kenalan, keluarga mengenai YPKAI

Twitter: @YPKAI_C3

Facebook: YPKAI Pita Kuning

http://www.c3friends.com

http://www.masakecilku.wordpress.com

Author: putrikatak

Love to write and live by writing. Like frogs, stars, rains, and the color of blue.

5 thoughts on “Pengalaman manis hari ini…”

Leave a Reply

