no worries

Telah beberapa lama, saya mencoba ‘hidup untuk hari ini’.

Maksudnya, saya tidak ingin terlalu mengkhawatirkan bagaimana atau seperti apa kehidupan karier atau pasangan saya nantinya. Meskipun terus ada keinginan untuk mendapatkan yang lebih baik dalam karier, saya lebih santai meski tetap ada target. Jika saya yang dulu akan langsung berhenti tanpa pikir panjang, sekarang, saya memilih untuk jalani saja dulu yang ada. Syukur-syukur seiring waktu, terus saja berdatangan peluang dan tawaran.

Nah, jika urusan karier saya masih berencana, untuk urusan pasangan saya sudah sangat cuek, nyaris tak peduli. Saya benar-benar enggan mencari dan hanya pasif menunggu. Rasanya malas sekali untuk memulai sebuah hubungan di usia produktif seperti ini. Saya berpikir lebih baik waktu yang ada saya gunakan untuk meningkatkan karier dan memperhatikan keluarga saya.

Di sisi lain, tak terhitung jumlahnya orang-orang yang senantiasa mengingatkan saya untuk segera menjalin hubungan lagi mengingat usia yang, katanya, sudah waktunya berkeluarga. Ditambah, sahabat-sahabat terdekat saya satu per satu pun menikah. Jelas saja tekanan lingkungan pun semakin besar. Saya yang cuek malah membuat orang-orang di sekeliling saya yang geleng-geleng kepala.

Jika dipikir-pikir, aneh juga yah. Dulu, saat masih sekolah, kebanyakan orang tua (perhatikan orang tua bukan orangtua) melarang anak yang masih sekolah berpacaran karena dianggap belum waktunya alias masih kecil. Giliran sudah bekerja, sudah bisa menikmati enaknya hidup sendiri, mereka malah menanyakan kapan punya pasangan. Pfffuuff…

Lalu, suatu hari di minggu lalu, saya membaca postingan blog Joanna Goddard ini. Seperti kebetulan, dia bercerita mengenai kekhawatirannya saat seusia saya. Dia bahkan sampai menemui terapis untuk mengatasi kepanikannya. Sebaliknya, saya malah sangat santai dan tidak terbebani sama sekali, he he he… Tapi apa yang dikatakan terapisnya feels worth to be shared, so read it!

Leave a Reply

