Mengumpulkan Waktu yang Tercecer di Jalan

Akhir pekan lalu, saya bertemu dengan teman-teman kantor lama. Sambil berbincang mengenai kabar terbaru, topik pembicaraan sampai pada bahasan ‘path’.

Teman saya itu bilang, melihat path saya seolah saya hidup di jalan. Jam sekian di mana, beberapa saat kemudian saya sudah di mana lagi. Saya memang lebih sering mengecek media sosial saya ketika sedang menunggu sendirian dan saat-saat itu biasanya ketika saya sedang di jalan.

Akan tetapi, kenyataannya sebagian besar waktu saya memang habis di jalan. Minimal 12 jam saya berada di luar rumah. Itu dengan catatan tidak ada meeting, janji temu, atau ketinggalan kereta yang membuat saya pulang terlambat tiba di rumah.

Itu catatan waktu saya yang menggunakan kereta sebagai transportasi utama. Apa kabar dengan mereka yang menggunakan mobil atau motor dan harus menghadapi macetnya Jakarta di jam berangkat dan pulang kantor?

Bandingkan saja, jika saya nebeng teman yang menggunakan mobil, saya harus berangkat dua setengah jam sebelum jam masuk. Pulang pun demikian. Jika saya menumpang mobil, perjalanan pulang memakan waktu minimal satu setengah jam, rata-rata dua jam. Dengan menggunakan kereta, saya bisa tiba di rumah hanya dalam waktu satu jam.

Yah, tapi jangan bandingkan kenyamanan di mobil pribadi dengan kereta. Meskipun saya menggunakan kereta commuter line, tetap saja ada kalanya saya harus berdesakan dan berdiri sepanjang perjalanan.

Hanya saja, saya jadi kepikiran. Apakah semua waktu yang dihabiskan orang-orang untuk berkerja sepadan? Saya mulai berpikir, lebih efektif waktu jika pekerjaan dapat dilakukan di rumah. Dan, seandainya saja setiap daerah memiliki lapangan kerja yang memadai sehingga orang tidak perlu menempuh perjalanan jauh dari tempat tinggalnya untuk bekerja.

Author: putrikatak

Love to write and live by writing. Like frogs, stars, rains, and the color of blue.

One thought on “Mengumpulkan Waktu yang Tercecer di Jalan”

  1. that will be a problem to be solved not only by our government, actually. that might be another way to generate ideas about job, work, etc. and the realization will be depend on us.
    😀

Leave a Reply

