Apalah arti sebuah nama?

Ya, kita tentu cukup familiar dengan pepatah tersebut.

Namun, bagi beberapa orang, termasuk saya, nama merupakan identitas diri yang melekat seumur hidup. Oleh karena itu, di sampul atau amplop undangan kerap ditulis permintaan maaf apabila terjadi kesalahan penulisan nama atau gelar.Β 

Seorang trainer pelatihan yang pernah saya ikuti mengatakan bahwa nama adalah kata nomor satu bagi setiap pemiliknya. Makanya, di tengah keramaian kita akan menengok bila mendengar ada yang menyebut nama kita, padahal belum tentu kita yang dipanggil.

Bagi beberapa kebudayaan, nama memiliki muatan mistis dan doa. Karenanya, kita tidak bisa seenaknya menggunakan atau mengganti nama. Ada ritual khusus untuk mengganti nama seseorang.

Bagi saya pribadi, nama merupakan hal penting yang mewakili pribadi diri. Pasti ada asosiasi tertentu di kepala seseorang ketika mendengar nama teman atau kenalannya disebut.

Oleh karena itu, saya merasa sangat kecewa dan kesal ketika seorang teman yang sudah lama saya kenal, sejak Sekolah Dasar, salah menulis nama saya di undangan pernikahannya.

Bayangkan selama puluhan tahun berteman, bahkan menulis nama saya yang hanya satu kata saja dia bisa salah. Betapa tersinggungnya saya. Apakah selama ini, dia tidak benar-benar menyadari keberadaan saya? Apa arti pertemanan selama ini bila, bahkan, hal paling dasar saja dia bisa salah?

Entah, harus bagaimana saya menyikapi hal ini… Menurut Anda?

Advertisements

Author: putrikatak

Love to write and live by writing. Like frogs, stars, rains, and the color of blue.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s