#CatatanPerempuan : Waktu Kerja Perempuan

Agak terlambat sih, saya menanggapi berita ini tapi izinkanlah saya tetap berpendapat.

Beberapa waktu lalu, sosial media maupun berita nasional ramai meributkan soal gagasan Bapak Wakil Presiden untuk mengurangi waktu kerja perempuan. Di era demokrasi kini orang akan mudah berpendapat pada umumnya, pro dan kontra wajar bermunculan bahkan hingga mengundang debat.

Mungkin, para Ibu akan menghujat saya atau perempuan lain juga ikut mengucap booo terhadap pendapat saya, he he he… Kenapa?

Saya termasuk yg kontra bila gagasan tersebut direalisasikan.

Sejak kuliah, saya selalu pro dengan ide kesetaraan gender. Pada kenyataannya, meskipun perempuan sekarang “terlihat” seimbang, gender bias masih terus terjadi tanpa disadari. Menurut saya, salah satunya gagasan Bapak Wakil Presiden tersebut justru semakin melegitimasi posisi perempuan sebagai manusia nomor dua setelah laki-laki.

Dengan dalih, agar ada waktu mengurus rumah tangga, perempuan mendapatkan “keuntungan” untuk pulang kerja lebih awal. Kelihatannya sih, menguntungkan atau enak untuk perempuan mendapatkan privilege seperti itu, tetapi kenapa harus perempuan?

Toh, tanggung jawab mengurus anak atau rumah tangga merupakan tanggung jawab dua pihak (ibu dan ayah), bukan?

Lantas mengapa hanya perempuan saja yang harus pulang lebih awal? Seolah-olah urusan rumah tangga hanyalah urusan perempuan dan (lagi-lagi) urusan bekerja adalah urusan laki-laki.

Nah, seperti yang saya kemukakan di awal, gagasan ini seolah-olah kemunduran dari usaha kesetaraan gender dan legitimasi perempuan bukan “kodratnya” untuk bekerja mencari nafkah sehingga masih dibebani tanggung jawab mengurus rumah tangga.

Mengapa tidak para suami/ ayah yang diimbau untuk bersama-sama memikul tugas rumah tangga bersama Ibu? Mengapa hanya Ibu saja yang harus berurusan dengan anak dan keluarga?

Leave a Reply

